Tips Memilih Perusahaan Pembiayaan Kendaraan yang Terpercaya!

Posted by KarimGanas on Agustus 04, 2020 in ,

Seperti diketahui, saat ini, tersedia banyak sekali perusahaan pembiayaan di Indonesia yang menyediakan layanan kredit, termasuk kredit kendaraan. Namun demikian, jika Anda berencana mengambil kendaraan melalui perusahaan pembiayaan, alangkah baiknya Anda harus cermat memilih perusahaan pembiayaan dan wajib memerhatikan aspek finansialnya. Dengan demikian, proses pembayaran hingga penyerahan BPKB kendaraan yang merupakan hak Anda pun tentu bisa berjalan dengan lancar.

Lalu, apa saja faktor yang wajib Anda cermati saat memilih perusahaan pembiayaan? Simak langsung penjelasannya di bawah ini!

1. Pilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya

Faktor paling utama yang wajib Anda cari tahu informasinya adalah apakah perusahaan pembiayaan tersebut terdaftar di otoritas pengawas institusi keuangan alias Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa mengeceknya melalui website resmi OJK untuk memastikan kebenarannya. Jika perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, tentu saja perusahaan tersebut benar-benar resmi dan bisa Anda percaya.

2. Siapkan uang muka (DP) dan cicilan

Jika memanfaatkan layanan pembiayaan saat membeli kendaraan artinya Anda membeli kendaraan secara kredit dan wajib mengikuti peraturan yang berlaku. Anda pun diwajibkan untuk mempersiapkan uang muka (DP) plus asuransi selama kredit berjalan dan biaya administrasi lainnya. Besarnya uang muka alias DP biasanya sekitar 30% dari harga kendaraan tersebut. Jadi, pastikan Anda sudah menyiapkan dana untuk DP, ya!

3. Cocokkan angsuran dengan penghasilan Anda

Bukan hanya soal DP, Anda juga perlu memastikan apakah Anda mampu membayar angsuran kredit kendaraan tiap bulan selama periode kredit alias tenor yang telah disepakati. Dan, pastikan pula penghasilan Anda jauh di atas nilai angsuran. Tujuannya, tentu demi keamanan keuangan Anda di masa yang akan datang. 

Biasanya, perencana keuangan merekomendasikan total angsuran maksimal sebesar 30% dari total gaji Anda. Angka tersebut tak hanya terbatas pada angsuran kendaraan saja tapi juga semua angsuran yang harus Anda bayarkan.

4. Opsi channel pembayaran angsuran

Saat ini, berbagai perusahaan pembiayaan menawarkan begitu banyak pilihan metode pembayaran angsuran. Misalnya saja, lewat internet banking, mobile banking, ATM, loket pembayaran di kantor pos, metode auto debit dari rekening tabungan, maupun pembayaran tunai di cabang perusahaan. Tentukan mana channel pembayaran paling praktis untuk Anda dan cek apakah perusahaan pembiayaan tersebut memiliki opsi yang sama.

5. Kemudahan pengambilan BPKB setelah angsuran lunas

Cek juga seperti apa prosedur pengambilan BPKB kendaraan yang ditetapkan perusahaan pembiayaan saat kredit Anda lunas. Meskipun prosesnya dilakukan di kemudian hari, namun tak ada salahnya Anda mencari tahu dari sekarang. Tujuannya adalah untuk transparansi dan semakin memudahkan Anda mengambil BPKB.

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib mempertimbangkan apakah perusahaan pembiayaan tersebut menawarkan opsi pengambilan BPKB yang bisa diambil oleh suami/istri, atau anak Anda. Seperti halnya yang disediakan oleh Dipo Star Finance, salah satu perusahaan pembiayaan terpercaya di Indonesia.

Itulah dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih perusahaan pembiayaan kendaraan yang terpercaya. Nah, jika Anda berminat mengajukan kredit mobil Mitsubishi, Dipo Star Finance siap memenuhi kebutuhan Anda!