Ingin Badan Proporsional? Terapkan Cara Membentuk Otot Sayap Ini

Posted by KarimGanas on November 29, 2019 in , ,




Siapa pula yang tak menginginkan badan yang ideal dan terlihat proporsional. Bentuk badan yang kekar dan proporsional pasti diinginkan setiap pria. Pembentukan otot sayap adalah salah satu cara agar punya badan yang bagus. Cara membentuk otot sayap berikut ini dapat diterapkan secara rutin agar pembentukan ototnya semakin optimal.

1.    Lateral Raise
Di bagian manakah otot sayap itu? Otot sayap adalah kumpulan otot besar yang letaknya di bagian punggung besar. Postur tubuh akan lebih tegap jika terus berlatih untuk membentuk otot sayap tersebut. Hal ini terjadi karena otot traps tersebut terdiri dari otot tulang belakang, otot punggung, otot bahu, dan otot leher. Dengan latihan rutin, berbagai bagian otot tersebut ikut menjadi kekar.

Salah satu latihan pembentukan otot sayap ini adalah lateral raise. Anda hanya perlu menyiapkan kursi dan dumbbell. Cara melakukannya juga cukup mudah yaitu tinggal duduk di atas kursi dengan posisi badan tegap. Genggamlah dumbell atau barbell yang ukurannya sama dan sesuai dengan kemampuan tubuh di kedua tangan.

Berikutnya, rentangkan tangan lurus menyamping sampai sebahu. Setelah itu, turunkan dan lakukan gerakan tersebut lagi secara berulang. Tentunya, terus lakukan berulang sampai batas kemampuan Anda. Jika sudah terbiasa, lama kelamaan tubuh akan terlatih dan kemampuan akan bertambah.

2.    Dumbbell Row
Latihan berikutnya yang ampuh membentuk otot sayap adalah dumbbell row. Tahapan latihannya adalah dengan mengambil posisi badan agar sedikit membungkuk dan satu tangan memegang kursi bench. Tangan lainnya memegang dumbbell dengan erat dan beratnya sudah disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Satu kaki ditekuk di kursi bench, sedangkan kaki lainnya menyentuh lantai. Berikutnya, naikkan dumbbell ke atas sampai siku Anda lurus. Ulangilah rangkaian gerakan tersebut sampai 10-15 kali. Dengan demikian, otot sayap yang diinginkan akan terbentuk optimal.

3.    Latihan Lawnmowers
Latihan otot yang satu ini sangat efektif membentuk otot sayap karena otot punggung terasa ditarik. Hal ini mengakibatkan otot berkontraksi dan berkembang. Cara melakukan latihan ini adalah dengan memposisikan badan berdiri tegap, kemudian meletakkan satu tangan di pinggang.

Berikutnya, turunkan tangan yang lain sampai mendekati ujung kaki. Setelah itu, tarik tangan ke arah posisi tangan sampai membentuk sudut 90 derajat hingga punggung memang terasa seperti tertekan.

4.    Chin Up
Cara membentuk otot sayap berikutnya adalah melakukan chin up. Latihan ini membutuhkan tiang sebagai medianya. Sekilas, latihan ini memang mirip dengan pull up, namun sebenarnya berbeda. Chin up ini dilakukan dengan posisi tangan menghadap ke arah dalam.

5.    Push Up
Push up adalah latihan otot yang sudah lebih familiar di kalangan masyarakat pada umumnya. Salah satu latihan pembentukan otot sayap ini dilakukan tanpa alat. Rangkaian push up ini mampu membentuk otot lengan, bahu, dada, dan punggung secara bersamaan yang semuanya menjadi bagian dari otot sayap.

6.    Pull Up
Hampir mirip dengan chin up, latihan pull up ini membutuhkan tiang sebagai medianya. Latihan ini akan melatih dan membentuk otot punggung secara total. Caranya adalah dengan memposisikan tangan yang menghadap ke luar tubuh.

7.    Back Up
Back up ini dilakukan untuk melatih dan membentuk otot punggung agar lebih proporsional dan fleksibel. Cara melakukannya dengan memposisikan tubuh tengkurap di atas lantai, lalu meletakkan kedua telapak tangan Anda di belakang kepala. Berikutnya, kencangkanlah punggung dan angkatlah badan ke atas.

Rangkaian kegiatan workout di atas sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapatkan tubuh kekar dan proporsional. Tentunya, Anda tetap harus memperhatikan teknik yang benar dalam melakukan setiap cara membentuk otot sayap tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan bisa mengalami cedera. Alih-alih mendapatkan otot sesuai impian, justru badan jadi kesakitan.